Perjalanan Sejarah Bali2


KEHIDUPAN BANJAR

lokasi : sebuah Banjar di Pulau Bali
kronologi : abad XI
cerita : sejak pemerintaha Raja Ugrasena dari wangsa Warmadewa di Bali, penataan desa dengan sistem banjar sudah dimulai. masyarakat diberikan kesempatan berkembang melalui mekanisme hubungan sosial yang berpusat pada banjar masing-masing.
SISTEM SUBAK 

lokasi : areal pesawahan terasering di Bali
kronologi : abad XI
cerita : sekitar abad ke 11 Sri Aji Anak Wungsu menggantikan Raja Marakatta Pangkaja anak tertua dari Gunapriya darmapatni. ketika jaman itu hutan-hutan dibuka untuk lahan persawahan dan ladang. pada jaman ini juga sistem subak diperkenalkan dengan pembangunan bendungan sederhana dengan pengaturan airnya.

SRI ASTA SURA RATNA BUMI BANTEN 

lokasi : istana Singhamandawa, pusat kerajaan Bali Kuno
kronologi : tahun 1388 M
cerita : Sri Asta Sura Ratna Bumi Banten /Sri Gajah Waktra / Sri Dalem Bedahulu generasi terakhir Raja-raja Bali Aga yang memerinta di Bali. pada masa ini utusan Majapahit yaitu Patih Gajam Mada datang ke Bali dalam rangka menyatukan nusantara. Pada masa ini terjadi transisi dari peradapan Bali kuno ke Bali madya.

SRI KRESNA KEPAKISAN 

lokasi : Istana Samprangan Pusat kerajaan Bali Madya
kronologi : tahun 1347-1350 M
cerita : setelah berhasilnya ekspedisi Gajah Mada untuk mempersatukan Nusantara tahun 1343 kerajaan Bali Kuno dapat di kalahkan kemudian Sebagai Raja selanjutnya maka dinobatkan Sri Kresna Kepakisan keturunan brahmana dari Daha , kediri.

PEMBANGUNAN PURA DASAR GELGEL 

lokasi : Istana Swecapura, pusat Kerajaan Gelgel
kronologi : abad XIV M
cerita : pada tahun 1380 Dalem Ketut Nglusir, putra Dalem Sri Kresna Kepakisan diangkat menggantikan kakaknya Dalem Samprangan yang dipandang tidak cakap memimpin. kemudian untuk mempersatukan lapisan masyarakat maka di bangun Pura Dasar Gelgel.

perjalanan-sejarah-bali4

perjalanan-sejarah-bali3

perjalanan-sejarah-bali

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares