Jenis Engsel

Berbagai macam jenis engsel saat ini banyak  tersedia dari toko bahan bangunan. Jenis engsel dibeli tergantung pada penggunaan dan pada material apa akan dipasangkan. Misalnya, ketika memilih engsel untuk kotak perhiasan, flush engsel kuningan kemungkinan lebih bagus  digunakan daripada engsel tersembunyi.  Harga engsel disamping dipengaruhi bentuk dan ukuran juga dipengaruhi oleh bahan dasarnya misalnya jenis engsel  kuningan lebih mahal daripada yang baja dan mereka karena  tampilan kualitas yang lebih baik.  Berikut adalah beberapa engsel yang tersedia.

Butt Engsel:

Tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari  13mm ke 150mm dan biasanya digunakan untuk pintu kabinet.  Jenis engsel ini sangat kuat tapi tidak bisa disesuaikan setelah mereka dipasang.

BUTTERFLY Engsel (Engsel Kupu Kupu):

Jenis engsel ini sering digunakan pada pintu ringan dan bentuk yang berbeda dan pola yang tersedia. Mereka umumnya mudahdipasang dan cocok secara artistik.

FLUSH Engsel :

Jenis engsel ini tidak memerlukan coakan pada daun pintu  untuk tempat pemasangannya. Mereka tidak sekuat engsel biasa tetapi dapat digunakan untuk konstruksi ringan misalnya pintu kotak kecil.

Engsel Barrel:

Jenis engsel ini dijumpai dalam dua bagian yanitu engsel jantan dan engsel betina.   Bagian threaded engsel ini dipasangkan ke lubang bagian daun pintu yang sudah dibor sesuai ukuran pen nya. Jenis engsel ini mudah dipasangkan  dan engsel dapat dibongkar.

Engsel Tersembunyi :

Dapat dijumpai dalam dua ukuran jenis yaitu , ukuran  25 mm dan 36 mm. Engsel ini cocok digunakan untuk jenis pintu yang dapt menutup sendiri.

Engsel Memanjang atau Piano Engsel :


Jenis engsel ini dapat dibeli dalam berbagai ukuran panjang sesuai dengan kebutuhan. Dimana jenis engsel ini dapt dijumpai dari bahan kuningan dan stainless. Pemakaian cocok digunakan untuk jenis pintu tidak berat misalnya untuk pintu penutup lemari yang terbauat dari bahan tripleks atau sejenisnya.

 

Facebook Comments

Powered by TG Facebook Comments

Wira Mahendra

Menyelesaikan pendidikan tinggi di Fakultas Teknik Sipil, Universitas Udayana, Bali. Sekarang sedang bekerja freelance di bidang Properti dan Pembangunan Rumah. Menyukai design dan internet marketing. Silahkan klik hubungi kami jika ingin menggunakan jasa kami, Gede Wira Mahendra,ST Wahana Mandiri Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares