Membeli Rumah dengan KPR

Kredit Pemilikan Rumah atau Kredit Perumahan Rakyat atau biasa disebut dengan KPR Bank adalah program atau fasilitas pinjam dari bank untukĀ membeli rumah secara kredit. KPR dianggap sebagai salah satu solusi untuk pembelian rumah dengan cara mencicil, dan program ini membantu masyarakan untuk memiliki rumah idaman sendiri bilamana tidak tersedia uang tunai.
Secara prinsip, pembelian rumah bisa anda lakukan dengan dua cara: secara tunai maupun secara kredit. Anda bisa mendapatkan rumah secara tunai bila Anda memiliki uang yang nilainya sama dengan harga rumah yang diinginkan. Misal, bila harga rumah tunai tanah & bangunan rumah adalah Rp 210 juta, maka rumah tersebut bisa dibayar tunai bila anda mempunyai uang tunai sebesar Rp 210 juta ditambah biaya biaya yang timbul untuk jual beli. Tetapi, masyarakat tingkat ekonomi menengah kebawah seringkali tidak memiliki uang tunai sebesar itu. Jumlah uang cash yang mereka punya mungkin hanya sebesar 50%, 40%, dan bahkan hanya 30%. Solusinya? Kredit Perumahan Rakyat atau KPR bank adalah solusi yang sangat diharapkan bagi sebagian besar masyarakat.
Caranya bagaimana? Bila harga rumah diinginkan adalah 210jt, maka anda harus membayar uang muka atau DP sebesar XX% tergantung ketentuan dari bank yang bersangkutan. Misal bank mensyaratkan 30% maka anda harus mengeluarkan uang dari tabungan anda sebesar 70Jt. Setelah uang muka atau DP diselesaikan maka barulah bank akan melunasi sisanya sebesar 70% atau 140jt. Biasanya bank tidak mau membiayai 100% untuk margin keamanan mereka bilamana si peminjam tidak mampu melanjutkan pembayaran cicilan.
Bilamana anda mempunyai uang yang cukup buat DP, maka anda tinggal melanjutkan ke langkah yang berikutnya yakni proses pengajuan Kredit Perumahan Rakyat atau KPR bank. Bilamana dana anda tidak mencukupi buat uang muka maka anda harus menabungnya terlebih dahulu. Jangan memaksakan diri untuk mengajukan KPR bila dana untuk uang muka tidak mencukupi. Perlu diingat , bank hanya akan memberikan kredit bilamana anda telah membayar uang muka.
Selain itu, hal penting yang perlu diketahui sebelum pengajuan Kredit Perumahan Rakyat atau KPR bank adalah biasanya bank hanya akan menyetujuinya bilamana cicilan bulanan tidak melebihi 1/3 dari pendapatan atau gaji anda. Misal gaji bulanan adalah 12jt, jadi cicilan kredit bulanan maksimum yang akan disetujui oleh bank adalah 4jt. Bilamana gaji anda tidak mencukupi, maka ada 3 cara untuk mensiasatinya, yakni dengan meningkatkan uang Muka atau DP sehingga pinjaman menjadi lebih kecil, cara kedua yakni dengan memperpanjang masa cicilan sehingga memperkecil jumlah cicilan bulanan tapi waktu mencicil lebih lama, dan yang ketiga adalah kombinasi kedua langkah tsb dengan memperbesar uang muka dan memperpanjang jangka cicilan.
Anda ingin membangun rumah di Bali, bisa hubungi kami. Membangun sendiri rumah yang akan anda tempati akan lebih bagus, karena anda bisa mengatur budget dan kualitas spek bangunan sesuai kemampuan dan keinginan anda.

Facebook Comments

Powered by TG Facebook Comments

Wira Mahendra

Menyelesaikan pendidikan tinggi di Fakultas Teknik Sipil, Universitas Udayana, Bali. Sekarang sedang bekerja freelance di bidang Properti dan Pembangunan Rumah. Menyukai design dan internet marketing. Silahkan klik hubungi kami jika inginĀ menggunakan jasa kami, Gede Wira Mahendra,ST Wahana Mandiri Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares