Perjalanan sejarah Bali4

 

PERANG KUSAMBA

lokasi : Pesisir pantai kusamba, Klungkung.
kronologi : tahun 1849 M
cerita : setelah takluknya Buleleng, Belanda kemudian menuju Klungkung. raja kelungkung I Dewa Agung Kusamba dengan laskar Kusamba menyerang kubu-kubu pertahanan Belanda di dekat pesisir pantai Kusamba. dalam pertempuran di pantai Kusamba Jenderal Michiels rebah, karena kena tembak pada paha kirinya dan akhirnya meninggal setelah operasi pemotongan kaki. dan akhirnya pasukan Belanda mundur.
PERLAWANAN RAKYAT BANJAR, 1868 

lokasi ; areal pesawahan Desa Banjar, Buleleng
kronologi ; tahun 1868 M
cerita : setelah mengakhiri perang jagaraga pada 18 april 1849, maka mulailah kekuasaan Belanda di Buleleng. kemudian terjadi perlawanan terhadap kekuasaan belanda di bawah pimpinan Ida Made Rai, maka terjadilah pertempuran rakyat banjar yang akhirnya dapat dikalahkan.

PUPUTAN BADUNG, 1906 

lokasi : Puri Badung, Denpasar
kronologi : 20 September 1906
cerita : pada tanggal 27 mei 1904, kapal dagang srikomala terdampar di pantai sanur. menurut pemerintah belanda kapal tersebutmembawa banyak barang yang berharga dan dinyatakan hilang karena dicuri dan dirampok oleh penduduk sekitar. padahal penduduk sekitar memberikan pertolongan kepada kapal tersebut. pada tgl 20 september 1906, pagi-pagi buta kota Denpasar dihujani tembakan meriam dari Belanda dari pantai Sanur. Raja Badung yg telah bertekad dengan seluruh keluarganya beserta prajurit dan rakyat melakukan perang puputan, perlawanan sampai akhir.

PERSIAPAN SAGUNG WAH MELAWAN BELANDA 

lokasi : Desa Wongaye Gede, Tabanan
kronologi : tahun 1906 M
cerita : setelah jatuhnya kerajaan Badung ke tangan Belanda pada tanggal 20 september 1906, belanda melanjutkah serangan ke kerajaan Tabanan. Raja Tabanan beserta para pengikutnya menyerah dan sebagian diasingkan ke Lombok. namun salah seorang saudara perempuan raja Tabanan yg bernama Sagung Wah melarikan diri ke wongaye gede. disana sagung wah menghimpun kekuatan melawan belanda, namun kekuatan laskar sagung wah dapat diporakporandakan dan di buang ke Lombok.

PUPUTAN KLUNGKUNG 

lokasi : Puri Semarapura, Klungkung
kronologi : 1908 M
cerita : puputan klungkung diawali oleh peristiwa perang Gelgel yang meletus tanggal 18 april 1908. kemudian tanggal 21 april 1908 belanda mengerahkan angkatan lautnya dari pantai jumpai dan keesokan harinya mendarat di kusamba dan menyerang Klungkung dari arah timur, barat, dan selatan. Raja klungkung I Dewe Agung Jambe beserta keluarga dan rakyat bertempur habis-habisan ( puputan ) sampai gugur.

BANGKITNYA ORGANISASI PEMUDA DI BALI 

lokasi : Buleleng
kronologi : 1923-1928 M
cerita : dengan didirikannya sekolah-sekolah di Bali sebagai tuntutan polotik etis Belanda, masyarakat mulai sadar akan pentingnya pendidikan. dari kesadaran tersebut golongan terpelajar mendirikan perkumpulan Suita Gama Tirta yang dipimpin I Gusti Putu Djelantik pada tahun 1917. dan mulai saat itu tumbuh organisasi -organisasi pemuda di Bali.

perjalanan-sejarah-bali3

perjalanan-sejarah-bali2

perjalanan-sejarah-bali

 

 

Facebook Comments

Powered by TG Facebook Comments

Wira Mahendra

Menyelesaikan pendidikan tinggi di Fakultas Teknik Sipil, Universitas Udayana, Bali. Sekarang sedang bekerja freelance di bidang Properti dan Pembangunan Rumah. Menyukai design dan internet marketing. Silahkan klik hubungi kami jika inginĀ menggunakan jasa kami, Gede Wira Mahendra,ST Wahana Mandiri Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares