Pengawas dan Kontraktor Bali

Selamat Datang

Perkenalkan kami adalah komunitas tenaga pengawas konstruksi freelance yang tergabung dalam satu wadah wahana mandiri group. Kami menyediakan jasa yang bergerak di bidang pembangunan (konstruksi) rumah tinggal, ruko, villa dan bangunan lain milik pribadi yang berskala menengah di daerah Bali.

Intermezo

Untuk anda yang akan membangun atau merenovasi rumah, mungkin saat ini anda sedang bingung memilih apakah anda akan menggunakan jasa seorang mandor atau kontraktor bangunan untuk membangun rumah anda tersebut. Banyak orang yang berpendapat bahwa jasa mandor pasti lebih murah, apakah hal tersebut benar seutuhnya? Mari kita simak yang berikut ini.

Jasa Pemborong

Menggunakan jasa pemborong akan lebih murah dengan beberapa kondisi sebagai berikut:

  1. Anda punya cukup waktu untuk mengawasi dan membeli bahan material untuk keperluan dilapangan selama pembangunan.
  2. Gambar desain rencana rumah sudah matang dan Gambar Lapangan sudah tersedia dengan lengkap.
  3. Bisa membaca gambar lapangan, sehingga anda bisa mengikuti proses selama pembangunan.
  4. Menguasai tata cara dan tahapan-tahapan proses pembangunan rumah.
  5. Menguasai teknis konstruksi dan pemasangan dilapangan, jangan hanya sekedar mengikuti saran Mandor.
  6. Mandor bisa dipercaya dan para pekerjanya (tukang) berkwalitas baik.
  7. Pelaksanaan Pembangunan dilakukan dengan total borongan upah kerja.
  8. Dapat menahan diri dalam pemilihan material dan tetap konsisten dengan disain awal, agar biaya pembangunan tidak membengkak.

 

Namun menggunakan pemborong juga bisa lebih mahal jika:

  1. Anda hanya punya waktu terbatas, sehingga kontinuitas pengawasan terganggu dan pengiriman material ke lapangan sering terlambat.
  2. Gambar desain rencana rumah belum matang, sehingga sering berubah-ubah desainnya, dan gambar lapangan tidak lengkap, ini dapat mengakibatkan terjadinya pekerjaan bongkar pasang.
  3. Tidak menguasai gambar lapangan dengan baik, sehingga bisa terjadi pekerjaan tambal sulam.
  4. Belum menguasai dengan baik tata cara dan tahapan-tahapan pelaksanaan pembangunan, sehingga dapat menurunkan kwalitas bangunan rumah.
  5. Belum menguasai teknis konstruksi dan pemasangan dilapangan dapat mengakibatkan kemajuan progres pelaksanaan pekerjaan menjadi lambat (bisa juga hasil pemasangan tidak lurus/siku).
  6. Mandor tidak jujur dan para tukangnya kwalitasnya kurang baik (bisa terjadi Mandor menghilang ditengah-tengah pelaksanaan pembangunan rumah).
  7. Pelaksanaan pekerjaan diborongkan upah kerjanya secara bertahap.
  8. Kemungkinan kehilangan material dilapangan lebih besar.
  9. Tidak ada Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan rumah yang pasti.

 

Jasa Kontraktor (Building Contractor)

Jika anda memilih jasa kontraktor bangunan, tentunya anda harus memilih kontraktor bangunan yang berpengalaman dan berkualitas. Kalau perlu tinjaulah rumah-rumah yang pernah dibangun oleh kontraktor tersebut dan lihat bagaimana hasilnya. Berikut ini ada beberapa keuntungan jika anda memilih untuk menggunakan jasa kontraktor bangunan:

  1. Bisa mengetahui perkiraan total biaya yang akan dikeluarkan.
  2. Gambar desain rencana rumah sudah pasti dan gambar lapangan sudah siap, karena kalau belum siap kontraktor yang baik tidak akan melaksanakan pekerjaan pembangunan sebelum gambar tersedia lengkap, agar mereka tidak rugi.
  3. Pengawasan dilapangan dapat dilakukan secara berkala (1 kali seminggu).
  4. Tidak perlu membeli atau menyediakan bahan material yang dibutuhkan dilapangan.
  5. Tidak terkena resiko apabila ada bahan material yang hilang dari proyek.
  6. Tidak perlu memikirkan soal teknis konstruksi dan pemasangan.
  7. Ada masa pemeliharaan selama 3 (tiga) bulan dari kontraktor, maksudnya apabila selama masa pemeliharaan ada pekerjaan yang hasilnya kurang baik, Anda bisa minta kontraktor untuk memperbaikinya lagi tanpa biaya tambahan.

 

Sedangkan untuk kekurangannya hanya satu, biayanya yang kadang tidak terjangkau dikarenakan anda hanya membangun rumah pribadi atau bangunan lain yang berskala menengah,  jadi sedikit berlebihan jika memakai jasa kontraktor. Anda bisa bayangkan berapa  persentase keuntungan yang  diambil kontraktor untuk bisa menutupi kebutuhan operasional perusahaan (minimal 20%).

Untuk itu kami menawarkan alternatif lain, yaitu memakai jasa pengawas proyek freelance untuk menggantikan kontraktor agar bisa menekan biaya. Apabila anda sebagai owner tidak sempat mengawasi, kami menyediakan jasa pengawasan. Pengawasan dilakukan selama pelaksanaan mencangkup, pengawasan mutu, waktu, dan pengawasan logistik. Biaya pengawasan 3 % dari nilai pelaksanaan.

Biasanya pengawas mematok biaya 3,5 juta perbulan. Dapat anda bayangkan, semakin lama proyek anda mundur, maka pengawas lebih untung, jadi tidak ada saling kontrol antar pengawas dan  pelaksana. Jika dalam sistem persentase, pekerjaan lebih cepat selesai lebih baik bagi pengawas dan owner. Biasanya proyek yg bernilai 500 juta rampung dalam 4 bulan, tp kadang bisa molor 5 bulan. Dengan jasa pengawasan kami, kami akan memastikan pelaksana melakukan pekerjaannya tepat waktu, mutu yang sesuai rencana, dan material ( logistik ) yg digunakan, seefesien mungkin. Waktu itu sangat berharga, keterlambatan 1 hari saja, owner sudah merugi.

Jadi kami sarankan anda memakai tenaga pemborong + jasa pengawas untuk pelaksanaan pembangunan yang efektif dan efisien. Namun jika anda sudah memakai tenaga kontraktor bukan berarti tidak perlu pengawasan, karena tidak jarang ada kontraktor yang “nakal” dalam pelaksanaan. Kami siap menjadi representatif anda di lapangan dengan terus melaporkan hasil pelaksanaan secara berkala, baik pelaksanaan oleh pemborong atau pun kontraktor.

Selain jasa pengawasan kami juga menyediakan jasa :

Perencanaan
Perencanaan berupa desain gambar lengkap, 3D visual, RAB, sebagai bahan pertimbangan pelaksanaan dan membantu pengurusan IMB.

Pelaksanaan
Pelaksanaan pembangunan dilengkapi time scedule, sehingga lebih mudah mengawasi. Kontrak dapat menggunakan sistem cost & fee, dimana  kami akan mencharge fee sebesar 10% terhadap seluruh pengeluaran proyek, mulai dari biaya belanja bahan, biaya upah pekerja, biaya sewa alat, biaya perlengkapan dan semua biaya fisik lainnya.  Atau sistem lumpsum, dimana kontraktor dibayar sebesar nilai yang disepakati dimana sudah termasuk fee dan biaya pengeluaran. Yang membedakan adalah tidak adanya perkiraan pengeluaran proyek ( RAB )  pada kontrak cost & fee. Yang jadi tugas utama kami dalam pelaksanaan ini adalah melaksanakan proyek serta mensupply material dan tenaga pekerja. Tukang bangunan di bali dapat dilihat disini.

 

Facebook Comments

Powered by TG Facebook Comments

Wira Mahendra

Menyelesaikan pendidikan tinggi di Fakultas Teknik Sipil, Universitas Udayana, Bali. Sekarang sedang bekerja freelance di bidang Properti dan Pembangunan Rumah. Menyukai design dan internet marketing. Silahkan klik hubungi kami jika ingin menggunakan jasa kami, Gede Wira Mahendra,ST Wahana Mandiri Group

One thought on “Pengawas dan Kontraktor Bali

  • February 15, 2013 at 11:49 pm
    Permalink

    Dengan hormat,

    Kami dari M & N bermaksud untuk menawarkan produk kami berupa membrane Wayerproofing. Kami akan kirimkan produk detail kami melalui Email Bapak / Ibu. Terima Kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares