Memulai usaha warnet

Sedikit ingin sharing tentang tips memulai usaha warnet. Akhir-akhir ini memang semakin banyak dibuka usaha warnet, mengingat semakin berkembangnya berbagai layanan dan kemudahan yang diberikan oleh internet. Dari pelajar, mahasiswa, pebisnis, politikus, dan masyarakat umum mulai merasakan manfaat internet, apalagi dengan adanya media sosial seperti facebook dan twitter. Warnet terkadang menjadi rumah kedua bagi pecandu internet, dari yang sekedar facebookan, game online, sampai.. ehmm.. hehe.. sensor. Ya begitulah, semua ada sisi positif dan negatifnya, selayaknyalah internet dipergunakan untuk kegiatan yang positif.

Dari peluang tersebut tidak sedikit yang mencoba untuk memulai membuka usaha warnet, walaupun sudah banyak ada saingan. Beberapa daerah perkotaan di Bali, seperti Renon, Lumintang, Panjer, banyak sekali bertebaran warnet-warnet dengan berbagai jenis layanan dan tampilan yang berbeda-beda. Ada yang langsung cafe, game online, kos-kosan, dan lain-lain, sebaik mungkin agar konsumen merasa dimanjakan oleh fasilitas warnet tersebut.

Bagi anda yang ingin memulai usaha warnet ini, saya berikan tips-tips dari hasil pengamatan saya pribadi.

  1. Tempat, tempat bagi saya merupakan faktor no. 1 yang menjadi kesuksesan usaha warnet. Pilihlah tempat yang menjadi pusat keramaian seperti tempat nongkrong, dekat sekolah, universitas, perumahan.
  2. Kenyamanan. bikinlah warnet anda senyaman mungkin, layanan yang ramah, selalu bersih dan menjaga privasi konsumen.
  3. Harga yang bersaing, buatlah beberapa bentuk voucher hemat untuk suatu waktu tertentu, ataupun member card yang memberikan discount atau fasilitas tambahan. Terutama pada awal2 warnet mulai dioperasikan, adakanlah promo khusus.
  4. Sediakan fasilitas pelengkap seperti scanner, headset, printer, soft drink dan snack selain sebagai tambahan penghasilan.
  5. Dari segi teknis. sediakanlah komputer yang memenuhi spesifikasi untuk warnet, bisa beli baru atau bekas. Jika ada komputer bekas dan memenuhi spesifikasi, bisa dipergunakan itu dulu, lumayan untuk mengirit modal, kalau sudah berkembang baru diganti yang baru. Selain itu adakan survey untuk provider internet terdekat agar koneksi lancar dan akses bisa lebih cepat.

Bagi yang mencari komputer murah dapat melihatnya disini atau perlengkapan komputer bekas di Bali dapat melihatnya di blisekenbali.com

 

One thought on “Memulai usaha warnet

  • October 11, 2011 at 12:11 am
    Permalink

    Tips Usaha Warnet.Usaha warnet adalah salah satu pilihan bisnis yang masih menjanjikan untuk beberapa tahun kedepan. Maka dari itu sekali lagi kami katakan bisnis jasa penyedia koneksi internet warnet akan semakin dibutuhkan di masa-masa mendatang..Ada beberapa orang yang masih mengalami kendala untuk memulai bisnis ini dikarenakan keterbatasan pengetahuan akan teknologi komputer keterbatasan pengetahuannya akan jaringan networking sampai ke waktu yang cukup padat hingga tidak sempat untuk memulainya yang pada akhirnya tertunda dan tertunda terus.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares